Yes, I laugh a lot, cried a lot, love a lot, hate a lot, bitch a lot, complained a lot, joke a lot, yet only write a small portion of it. Oh well.

Monday, February 06, 2006

Tentang si penulis copy

Hari ini gue pake kaos item dengan tulisan putih gede "COPYWRITER" di depan dan belakang.Gue beli kaos ini waktu malam Citra Pariwara di Surabaya.

Syarif Gepeng, temen gue yang seorang art director nanya "kok ngga beli kaos ART DIRECTOR aja sih?"
Gue jawab "Lho, kan gue Copywriter"
Gepeng pun nyengir, dalam hati mungkin dia nyeletuk "So what? apa anehnya?"
(maaf ya peng, gue ngga tau translationnya so what dalam bahasa Jawa..hehehe)

Tapi emang cuma itu yang gue pengenin dari dulu. Jadi copywriter. Ngga mau yang aneh-aneh, cuma pengen jadi copywriter aja.

Temen-temen gue di kantor juga sering nanya kalo gue pake kaos ini " Lo bangga banget ya jadi copywriter?" dan gue hanya menjawab dengan senyuman.
Dalam hati gue bertanya "Emangnya lo ngga bangga jadi AE, jadi Art Director, jadi IT Staff, jadi operator..jadi apalah pekerjaan lo sekarang ini?"

Trus bertanya ke diri gue sendiri, bangga ngga ya gue jadi copywriter. Pekerjaan yang masih awam di kuping orang-orang. Malah ada yang ngira copywriter itu operator mesin foto kopi. Alamakjan!!

Kembali ke jawabannya: tentu saja gue bangga, karena dari dulu gue emang pengen jadi copywriter.

Cita-cita gue kerja di periklanan di mulai pas waktu SMA. Waktu itu temen-temen SMA gue lagi gandrungnya pengen jadi bintang iklan. Mereka berlomba-lomba casting, dan setelah iklan yang di"figuran"kan (bukan dibintangi, soalnya dia emang cuma jadi figuran) olehnya tayang di TV dia bercerita dengan bangga ke semua orang tentang penampilannya yang cuma 2 detik di TV itu.

Wah, segitu hebatnya ya sebuah iklan itu. Sejak saat itu gue bertekad gue harus lebih dari si cewek figuran iklan itu. Dan secara gue ngga punya tampang komersil, satu-satunya cara hanya satu: jadi orang yang bikin iklan itu sendiri. Dengan begitu, gue punya kesempatan buat merekrut atau mencoret orang-orang yang gue casting.

Hingga waktu UMPTN tiba, gue ikut tes dengan pilihan jurusan Biologi (pilihan pertama di FMIPA UI, satu lagi gue lupa di mana). Gue juga heran, kenapa ya dulu milih biologi, emang sih gue dulu suka banget sama pelajaran biologi. Tapi selain itu gue juga daftar D3 Periklanan di FISIP UI.

Jrengggg!!! gue keterima di UMPTN. Nyokap gue sujud sukur. Nama gue di daftar kelulusan dicoret-coret pake stabilo berkali-kali sampe kertas korannya mau robek (knapa sih Ma? ngga percaya ya anaknya bisa lulus UMPTN)
Gue seneng tapi kok ngga seneng2 banget ya?. Kayaknya sih gue seneng karena liat ortu gue seneng.

Beberapa hari berselang, gue pergi ke balairung UI buat liat pengumuman tes D3 periklanan UI.

Jrengggg lagi!!!! Gue lulus tes.
Gue seneng bangetttt .
Tapi gimana dengan Biologi UI?

Berhari-hari gue pusing.
Ada yang bilang "Turutin kata hati lo Ni" --> okey sip! gue pilih periklanan!
Bude gue bilang " Ya ambil Biologi aja dong, masuk periklanan mau jadi apa? seniman?tukang sablon spanduk di pinggir jalan?" --> iya sih, ya udah biologi aja. Ahh..plin-plan!

Terus gue mikir. Kalo gue masuk biologi, ntar gue stress. Pasti lulusnya 7 tahun.
Kalo masuk periklanan, ada kemungkinan jadi kere sih soalnya masih belom banyak lowongan kerja di situ (Ingat, pemikiran ini terjadi sekitar 6 tahun yang lalu), tapi at least pasti gue bahagia karena gue bisa memuncratkan isi kepala gue tanpa takut dibilang gila.

Akhirnya gue mengambil leap of faith. Gue mengorbankan kelulusan tes UMPTN gue yang gue raih setelah berpuluh-puluh jam ikut bimbel di Ganesha Operation. Karena gue teringat akan cita-cita gue yang pengen bikin iklan kaya yang di tivi-tivi.

Setelah gue belajar dan nyemplung di dunia periklanan. Cita-cita gue berubah jadi....OBSESI!
Gue harus jadi orang iklan yang berhasil. Gue harus jadi copywriter yang oke.

Hingga beberapa bulan sebelum gue diwisuda, gue resmi jadi junior copywriter di sebuah agensi lokal.

Waktu bergulir. Job demi job gue kerjain. Awal-awalnya sih menggebu-gebu. Ayo bikin iklan yang keren!
Ayo bikin momen tak terlupakan di Citra Pariwara.
lama-lama...
capek...

Bayi-bayi ide di kepala mati satu-persatu. Kalo bukan karena hal ini, pasti karena hal itu. Passion yang menggebu-gebu perlahan sekarat karena yang penting "Klien happy".

Hingga suatu saat gue dapet job bikin jingle buat sebuah minuman buah.
Jebret! gue bikin deh. Gue bikin liriknya. Hell, gue bahkan nyanyiin jingle itu depan president director perusahaan minuman itu. Malu banget.

Beberapa minggu kemudian iklan itu tayang. Gue sih biasa aja, yang penting klien happy sama jinglenya.
Trus pada suatu hari di depan rumah cowok gue, melintas serombongan anak SD yang nyanyiin itu jingle dengan kata-kata persis kaya di tv.
Tiba-tiba gue dapet pencerahan. My jingle can actually reach people?! Bisa berdampak sama habit orang lain.
Sesuatu yang gue tulis, dilihat orang and stuck in their mind.
Jadi ngga sekedar asal klien seneng dan approve,sales naik, agency dapet fee, trus gue dapet gaji.

Dalam hati gue terhibur. Well, kalo gue ngga bisa bikin iklan yang award winning at least iklan gue heart winning di hati orang-orang. Orang-orang nyanyiin jingle gue, gue udah hepi kok.

Sejenak gue merasa puas. Is it the right feeling?. Hell no!
Rasa puas itu ternyata bikin otak kita mati.

Karya jadi repetitif. Yang penting diinget orang. Yang penting jargonnya diinget orang. Orang langsung inget ke produk. Lama-lama gue kehilangan sensitifitas akan iklan yang baik dan iklan yang buruk. Kehilangan citarasa dan indera pencecap.

Mati rasa!

Hingga akhirnya gue dapet kesempatan buat mengembangkan sayap, "pindah sekolah" ke tempat lain. Keleluasan buat bikin iklan yang hore di hati, hore di tivi pun muncul. Meskipun masih ada keterbatasan sana-sini. Tapi bayi-bayi kecil di kepala gue udah bisa bernafas sedikit lebih lega, setidaknya malnutrisi ide sedikit bisa terobati.

Bukan pekerjaan yang gampang ternyata, bikin iklan yang bagus itu. Apalgi bikin copywriting yang bagus (kadang malah copywritingnya sia-sia karna CDnya bilang lebih bagus kalo ngga ada copy..hwaaks!!).
Tapi gue bangga, karena kerjaan gue memberi jiwa pada setiap karya. Putting words into silent pictures. Menjadi sperma bagi pembentukan bayi bernama iklan. Menuai ide dari kepala, dan melahirkannya bersama-sama art director.

Wah..ck..ck..jadi copywriter itu emang hebat.

Tapi,masih jauh sih perjalanan gue buat jadi yang copywriter yang mumpuni. Masih banyak pupuk yang harus gue konsumsi biar bibit-bibit di kepala terus tumbuh subur (and yet still trying to have fun during the process) .Tentu saja sambil terus berjuang melawan kejenuhan yang mematikan.

Dan gue bakal terus menyandang tulisan Copywriter di kaos gue, and wear it like a good dress.
(well, mungkin sampe nanti tulisan di kaos ini berubah jadi Creative Director..hehehe :p)

Labels: ,

15 Comments:

Anonymous dewi Ps said...

......ya..ya..(sambil manggut-manggut..)..jadi inget cita-cita Shesheq, apa tujuan lu masuk agency itu...dia bilang mau ketemu Agnes Monica...berarti branding si Agnes kuat juga ya di benak om-om...sama halnya sama jingle lu Ni, bisa nemplok kenceng di jidat anak-anak itu...Lumayan buat pembelajaran...semoga sakseus & kewujud cita-cita lu yang dimulai dari hal yang sederhana tapi bisa terus berkembang. Ati-ati aja cita-cita lu goyang sama godaan lain.Kayak gue niy yang kadang-kadang dilema cita-cita, mau jadi kreatif direktur ato toko kue direktur..hehehe.

1:57 AM

 
Blogger Nia said...

hihihi..salah parkir ya Dew?

2:23 AM

 
Blogger rangga said...

copywriter.

art director.

apa sih bedanya pada akhirnya?

kayanya gak ada deh... sama2 mesti bikin konsep, sama2 muntah darah depan CD biar diterima konsepnya, sama2 maki2 brief ga jelas, sama2 pengen ngeludahin klien brengsek, sama2 ketawa kalo nemu hal gokil...

paling bedanya si copywriter tidur pas si art dir ngelayout...

tapi satu hal sih, loe harus percaya sama pilihan loe ini. Tetep fokus jalan ke depan.

gua yakin loe bisa sukses di dunia ini... serius. Asal loe gak berpikir bahwa loe adalah copywriter... *lho kenapa? hehehe... ada deeeehhhh...*

cheers.

PS: gua link balik yaaa...

11:19 AM

 
Blogger Nia said...

iya ya...
mestinya gue cari kaos yang tulisannya "TUKANG IDE" ya?
trus gue beli dua, satu lagi gue kasi ke art director gue..

hehe..sip..sip..

6:45 PM

 
Blogger oca said...

it is oke kok kalo hari ini kamu bangga jadi copy writer, asal gak kebanyakan aja kadarnya.
hmmm, sebenarnya menurut aku siy kamu seharusnya jadi concept writer than only copy writer dear...
:)

8:07 PM

 
Blogger Nia said...

to Rangga:
oo..jadi maksudnya itu ya?

to Oca:
sip..thanks ya!

8:22 PM

 
Blogger dewi said...

Oca ikut workshop Concept Writer nya mas ndang atau diceritain Rangga? Hihihihihii....kalo gue siy Ni, pengen jadi writer gaji CD ;)

12:12 AM

 
Blogger rangga said...

gak usah ikut workshop juga jelas kok... hehehe...

there is no limit... save yourself.

hayooo, kok chatting disini...

tapi gua mau kok sekali2 jadi copywriter... hehehe

*"maruk loe, Ga!!!!", kata semua orang diatas sambil nimpukin pake storyboard*

6:17 AM

 
Blogger Nia said...

aduuh teman2 makasi ya udah ngasi komentar atas tulisan gue yang ngga penting ini..hehehehe :p

pokoknya sih gue pengen jadi pembuat ide2 iklan yang bagus (apapun istilahnya)..
doakan saya semoga bisa ya teman-teman!

*sambil mengepalkan tangan gaya takeshi castle*

8:42 PM

 
Blogger wullie-wullie said...

Allowwww Nia, aku link yah :)

10:52 PM

 
Anonymous Anonymous said...

whatever u are..kalo kamu blum pulang dan aku udah pulang kantor duluan, aku bakal dengan setia nungguin kamu kok sayang n jemput pastinya hehehe:p

intinya..siapapun kamu, apapun kamu, dan gimanapun kamu aku tetep sayang kok..go grab ur dream sweety..i'm on ur side!!

AguNg
(A is for me, N is for u)

12:37 AM

 
Blogger Nia said...

thank you my dearest..
*smilingandblushing*

8:07 PM

 
Blogger erwan said...

haiii....
sama menohok banget kalo abis crafting trus: okai, pesennya dah nyampe neeh..copy nya ilangin ajah..
anjrrooott!!!! huahhh untuk setaun awal gw ngerasa gak punya kontribusi apa-apa di tiap karya yang kita buat.....gw ngerasa cuma jadi creative support ama parthner brainstorming ajah. paling gw gila-gilaan di radio ad ama tvc yang gak pernag acc lantaran kliennya pada merinding ama harga placement huahahahaha.....
thanx buat pencerahaan...oiyah kenalkan aku erwan, copywriter jg di petakumpet, ini nama biro iklan kecil di pinggiran jogjakarta...salam kenal

9:30 AM

 
Blogger Nia said...

hai Erwan...salam kenal :))

9:15 PM

 
Anonymous Tauhid Aminulloh said...

"So what" dalam bahasa jawa bisa ditulis dengan "nJut Ngopo?!"

8:12 AM

 

Post a Comment

<< Home