Yes, I laugh a lot, cried a lot, love a lot, hate a lot, bitch a lot, complained a lot, joke a lot, yet only write a small portion of it. Oh well.

Tuesday, June 10, 2008

HOW TO WRITE A GOOD COPY

?

Oh, maaf. Semestinya tanda tanya di atas saya taruh di bagian belakang judul tulisan ini. Mungkin Anda yang membaca kecewa, karena setelah bersusah-payah mengetik "tips membuat copywriting yang baik" melalui Google atau MSN Search, malah nyasar ke blog copywriter yang sama bingungnya dalam menulis copy.


Pernyataan di atas seharusnya adalah pertanyaan, karena meskipun telah bermandi peluh di industri ini selama lebih dari 4 tahun, tetap saja saya merasa kurang mahir dalam pekerjaan ini, meskipun tidak bodoh-bodoh amat juga sih. Mediocre-lah kira-kira.

Di mana susahnya ya?
Padahal sebenarnya copywriting itu tidak susah kok, malah lebih gampang dari nge-lay out (at least copywriter bisa dimaafkan kalau tidak bisa memakai freehand atau photoshop). Copywriting is not rocket science, walau kadang saya berharap "tehnik menulis copy" adalah suatu hal yang eksakta.Tepat.Teoritis. Non-subyektif.

Kalau menulis copy yang baik itu sama seperti mengerjakan akar 144 dikali 2 (hasilnya 24, by the way), pastilah pekerjaan ini gampang sekali, karena semua pasti, dan semua bisa meng-iya-kan hasilnya.Sebuah konsensus yang disetujui bersama.

Kenyataannya, sebuah headline yang baik, sebuah body copy yang menggelitik, hanyalah karya abu-abu yang paramater untuk menilai bagus/jelek,plain/intriguing, sangatlah subyektif.

Subyektif.
Artinya apa yang kamu anggap "indah", "menyentuh" dan "baik", belum tentu memiliki dampak yang sama di mata klien.
Terkadang tulisan yang "indah" yang Anda tulis seperti saat berbicara dengan teman, dianggap "aneh", karena tulisan "indah" yang dimaksud adalah rangkaian kata-kata pujian seperti seorang sales kartu kredit ke calon nasabahnya.

Dua-duanya tidak salah.
Hanya masalah perspektif.
Hanya tergantung pada selera yang membaca.Konsumen? Bukan, tetapi klien.

Hidup-mati sebuah kata bukan terletak di tangan konsumen, tetapi "klien", yang memesan kata-kata itu. Terkadang mereka merasa telah menggaji buta seorang copywriter, karena "yah nulis gini doang sih gue juga bisa".

Jadi buat Anda-Anda yang ingin menjadi copywriter atau sedang mencari tips bagaimana menulis copy yang baik, saya sarankan untuk mengetik keyword ini di Google search: "How to write good copy that your know-it-all client would love"

Kalau sudah ketemu link-nya, tolong kasih tau saya.




And yes, i'm being sarcastic.

Labels: ,

4 Comments:

Anonymous irenglemu said...

nia, salam kenal!
huehehehehe yg sabar ya bu! kdang klien emang seneng jd sotoy (pstt....terutama yg banking)
just don't let your know-it-all-client break down your passion :)

6:14 PM

 
Blogger Nia said...

terima kasih irenglemu, baiklaah..saya akan tetap semangaaat..hosh!

6:40 AM

 
Blogger ivan jenggot said...

wah gw makin banyak belajar ma nia, tapi sayang keburu cabut neh.

mampir-mampir ke rumah baru saya.

2:27 AM

 
Anonymous http://negosaliro.blogspot.com said...

wekekekk ceritanya bagus-bagus!jadi terinspirasi

7:47 AM

 

Post a Comment

<< Home