Yes, I laugh a lot, cried a lot, love a lot, hate a lot, bitch a lot, complained a lot, joke a lot, yet only write a small portion of it. Oh well.

Thursday, October 05, 2006

The Craftmanship Of The Salmon

Kamu tau apa makanan favoritku?
it's Salmon Sashimi.


Kamu tau apa makanan terburuk yang pernah kumakan?
Smoked Salmon Salad.










Mengherankan. Bagaimana satu bahan makanan yang sama bisa terasa begitu berbeda, hanya karena beda cara mengolahnya. Daging ikan salmon yang segar dan mentah ternyata rasanya lebih enak daripada salmon yang diasapkan. Salmon sashimi rasanya masih manis dan nikmat di lidah, sementara salmon asap? eww..aneh dan susah ditelan.

Salut aku sama mereka2 yang punya cita rasa yang mumpuni. Bisa menentukan bahwa sesuatu bahan makanan lebih enak kalau tanpa dimasak daripada dimasak. Bisa-bisanya. Karena ternyat justru dengan dimasak (baca: diasapkan) cita rasa manis dari salmonnya malah hilang.

Mungkin ini ya yang disebut dengan craftmanship? Menentukan bagaimana sesuatu diolah (atau sebaliknya tidak usah diolah sama sekali...biarkan saja apa adanya).

Craftmanship.

Mata kuliah yang tak diajarkan sewaktu di kampus dulu. Sesuatu yang harus dipelajari dengan trial and error...atau jika kamu termasuk orang yang beruntung, bisa juga dengan "insting".

Craftmanship.

Sesuatu yang selalu diucapkan berulang2 oleh Mbak Jeanny (Hardono.red) waktu jaman kuliah di UI dulu. Craftingnya! Craftingnya! begitu selalu dia mengingatkan. Tapi tetap saja, kami tak tahu mahluk apa craftmanship itu.

Mungkin itu sesuatu yang misterius yang datang secara misterius pula. Seperti saat roh "craftmanship" itu datang pada seorang juru masak Jepang yang menciptakan Salmon Sashimi dan berkata "Hey, this thing tastes better when it's raw!"

Atau mungkin craftmanship adalah sesuatu yang bias pula.
Karena pasti di luar sana, ada orang yang suka sekali makan Smoked Salmon Salad.

Labels: , ,

4 Comments:

Anonymous bebek said...

waaahh... hari gini makanan lagi deh bahasnya... memang beratnya puasa buat anak blogger gini ini deh... puasa tambah banyak posting makanan... doooh...

1:07 PM

 
Blogger Nia said...

ya..kan bisa buat referensi hidangan buka puasa nanti to mas..

hehe...suka sashimi juga ya? :p

2:35 AM

 
Blogger Krisnaagung said...

yummmy...............
tahan iman tinggal dikit lagi yang buka puasa.

2:15 AM

 
Blogger rangga said...

cobain salmon salad di poke sushi... yums.

5:34 AM

 

Post a Comment

<< Home